Menu Diet Sehat dan Makanan Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Beberapa tahun lalu marak sekali artikel tentang menu diet sehat diet GM yang beredar di Facebook. Berduyun-duyun orang membagikan tautan itu, ada yang mengklaim sudah berhasil menurunkan berat badannya setelah melakukan diet GM.

Diet GM ini konon populer di Amerika dan pelopornya adalah perusahaan otomotif, General Motors (GM). Diet ini dirancang untuk menurunkan berat badan sekitar 5 Kg dalam satu minggu dengan aman. Diet ini memakan waktu selama 7 hari dengan menu jenis makanan yang berbeda setiap hari.

Selama masa diet harus minum air putih minimal 10 gelas setiap hari dan tidak minum alkohol, kopi, dan teh. Diet GM dapat diulang sekali sebulan tanpa mengganggu keseimbangan gizi. Berikut penjelasannya.

Aku sendiri nggak gendats, tapi buncits, walaupun berat badanku masih stabil sejak gadis hingga sekarang memiliki 2 anak, sekitar 46-47 kilogram. Kalau dari pengalamanku, memang yang paling susah adalah olahraga dan mengurangi makan gorengan plus minum-minuman manis seperti es teh.  Biasanya kalau berat badanku sudah menginjak angka 49 kg, baru deh aku melakukan diet. Aku sendiri adalah salah satu orang yang pernah mencoba melakukan diet GM, tetapi hanya sampai hari ke-3 dan berhasil. Karena aku merasa berat badanku sudah mencapai angka ideal.

Macam-Macam Jenis Diet

  • Diet vegan
    Kita tidak dianjurkan mengonsumsi aneka makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, susu, keju, yoghurt, mayones, madu, dan aneka produk turunan lainnya. Beberapa pelaku diet vegan biasanya mempunyai komunitas yang solid dan agak susah mencari makanan vegetarian selain membuatnya sendiri. Jika sudah terbiasa dengan diet ini, pelaku diet bisa menjadi vegan atau vegetarian seutuhnya jika dia mau.
  • Diet Keto
    Diet yang saat ini dilakukan oleh ibu mertuaku untuk menurunkan kadar gula dalam darahnya. Diet sehat ini dilakukan dengan cara tidak mengonsumsi karbohidrat, utamanya nasi. Karena tidak adanya asupan karbohidrat, tubuh akan berada pada kondisi ketosis. Akibatnya, gula darah menjadi drop dan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi.
  • Diet Mayo
    Konon katanya ini diet enak, padahal nggak juga sih. Banyak orang awam yang menyangka diet ini dengan cara mengkonsumsi mayonaise. Padahal diet ini mempunyai pantangan mengkonsumsi garam dan makanan yang digoreng. Diet sehat ini dijalankan hanya dalam waktu dua minggu saja dan tentu saja diimbangi dengan olahraga.
Read:  Tips Memperbanyak ASIP

Cara Menurunkan Berat Badan

Diet apapun tidak akan berhasil maksimal tanpa diimbangi dengan olahraga untuk membakar kalori serta mengubah pola makan.Pola makan di sini maksudnya berhenti ngemil, makan makanan yang sehat dan mengurangi porsi makan karbohidrat.

Ada cerita dari orang-orang yang sudah ikut program diet salah satu minuman penganti makan yang terkenal itu tuh.. yang sarapan dan makan malamnya diganti susu seperti milkshake. Sayangnya sudah bayar mahal tetapi mulut ngegiling makanan tetap jalan. Ujung-ujungnya menyalahkan produknya. Ah bohong nih, ah penipu nih. Kan lucu ya?

Jadi menurut saya, diet yang ampuh menurunkan berat badan adalah:

  • Tidak menggunakan supplemen penurun berat badan, pelangsing, penunda rasa lapar, suplemen pembuat kenyang, dll.
  • Rutin berolah raga minimal 30 menit sehari seperti bersepeda, berlari, home workout untuk mengecilkan perut, dll.
  • Tidak mengkonsumsi makanan atau minuman manis sama sekali.
  • Mengurangi karbohidrat.
  • Tidak ngemil sama sekali.
  • Tidak makan makanan yang digoreng.

Menu Diet Sehat

Berikut ini adalah menu sehat untuk diet untuk menurunkan berat badan selama 7 hari berdasarkan diet GM yang pernah aku lakukan. Menu diet ini bisa dibeli di tukang sayur langganan, harga terjangkau. Foto hanya sebagai ilustrasi.

Read:  HAH?! HAMIL?

menu diet sehat

Hari Pertama: Buah-buahan, kecuali pisang.

Di hari pertama ini hanya dibolehkan makan buah-buahan. Buah apa saja kecuali pisang. Boleh makan hingga kenyang. Buah yang aku beli adalah pepaya dan melon. Terkadang jika sedang musim mangga, aku makan mangga. Biaya pengeluaran untuk diet hari ke-1 bisa mencapai 50.000 untuk buah saja lho.

Hari Kedua: Sayur-sayuran

Hari kedua hanya dibolehkan makan sayur-sayuran. Apa saja baik mentah maupun matang. Buat yang terbiasa makan salad, sayur pecel atau gado-gado, hari ke-2 bukanlah masalah. Asalkan jangan tambahkan nasi, lontong, ketupat, telur atau bumbu kacang ya. Biaya pengeluaran untuk diet hari ke-2 lebih murah karena harga sayur-sayuran masih bisa dipilih mulai 2 ribu rupiah.

Hari Ketiga: Sayur dan Buah

Nah, menu hari ke-3 ini adalah perpaduan antara hari-1 dan hari-2. Kalau saya sih lebih banyak porsi sayur daripada buah. Alasannya cuma satu, lebih hemat di dompet 😀

Hari Keempat: Pisang dan Susu

Hari ke-4 ini adalah yang paling berat menurutku karena harus mengkonsumsi pisang dan susu saja. Untungnya berat badanku sudah turun banyak pada hari ke-1 hingga ke-3 sehingga aku menyudahi diet GM ini.

Read:  Banjir Jakarta Januari 2013

Buat kamu yang mau melanjutkan, konsumsi pisang sejumlah 8 buah pisang serta 3 gelas susu. Tidak mengonsumsi jenis makanan lain. Bila Anda allergi terhadap susu sapi, bisa diganti dengan susu kedelai (susu kacang).

Hari Kelima: Daging atau Ikan dan Tomat

Hari Keenam: Daging atau Ikan dan Sayuran

Hari Ketujuh: Beras Merah, Jus buah, dan Sayuran

Setelah kamu berhasil melewati 7 hari itu dan disiplin menjalankannya, Insya Allah sudah terbukti kalau berat badanmu turun, bahkan pada hari ke-3. Setelah hari ke-8, kamu bebas makan seperti biasa. Bulan depan bisa diulangi mengkonsumsi menu diet sehat di atas hingga berat badan ideal yang kamu inginkan tercapai.

Sebenarnya patokan berat badan itu bukan terletak pada angka di timbangan. Kalau kamu disuruh milih, lebih milih punya berat badan 60 kg tapi bentuk tubuh keren seperti bokong yang berisi, perut rata dan punya otot perut daripada 55 kg tapi isinya lemak dan bentuk tubuh lurus? Apapaun itu, selamat mencoba, semoga sukses ya menerapkan daftar menu diet sehat di atas.

 

Leave a Reply

*