Suka Otomotif? Yuk Ketahui Lebih Dalam Tentang Aki Mobil

Bagi Anda yang suka bepergian menggunakan mobil, Anda pastinya harus tau dan mengenal komponen penting yang satu ini yang ada pada mobil. Untuk menyalakan mesin mobil, ada salah satu komponen terpenting yang memiliki fungsi menyediakan energi untuk memutar dinamo starter dan kemudian menjalankan siklus mesin dengan baik, yaitu akumulator atau yang biasa dikenal dengan aki mobil. Aki mobil adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi berupa energi kimia yang berfungsi penting untuk kelancaran Anda ketika berkendara.

Aki mobil merupakan baterai bagi mobil Anda yang memiliki peran penting untuk menyediakan serta menyimpan daya untuk semua kebutuhan energi listrik pada mobil, mulai dari dinamo starter, lampu-lampu pada mobil, dan sistem elektrik mobil lainnya. Melihat perannya yang begitu penting, tentunya penting pula uuntuk Anda selalu memperhatikan kondisi aki mobil serta rutin melakukan pengecekan dan perawatan agar Anda bisa selalu berkendara dengan nyaman. Agar selalu berkendara dengan nyaman, serta aki mobil selalu dalam kondisi baik, tentu ada baiknya Anda mengenal lebih dalam terkait aki mobil Anda. Dan ini dia 4 hal terkait aki mobil yang belum Anda ketahui.

aki mobilPastikan Daya Aki Anda Terjaga Penuh

Aki mobil Anda akan selalu menetap dalam keadaan lemah daya jika Anda lebih sering bepergian mengendarai mobil Anda di dalam kota yang kecil dan padat. Inilah yang bisa menyebabkan stratifikasi asam dan sulfasi yang pada akhirnya mengakibatkan aki menjadi soak. Untuk mencegahnya, Anda perlu menjaga keadaan aki Anda tetap memiliki daya yang penuh atau fully-charged dengan cara menggunakan pengisi daya aki yang tentunya membutuhkan sumber listrik.

Pastikan Parkir di Tempat yang Teduh Untuk Mencegah Aki Kepanasan

Selain membuat mobil Anda tetap teduh tanpa terkena panas, Anda juga perlu menjaga agar aki tidak terlalu sering terkena panas. Salah satunya adalah memarkir mobil di tempat teduh. Menghidari mobil dari panas juga dapat membuat aki mobil Anda tetap awet dan terjaga. Karena panas dapat mempercepat reaksi kimia dan juga meningkatkan potensi aki mobil Anda lebih cepat berkarat sehingga aki mobil Anda bisa lebih cepat rusak. Untuk itu, sebisa mungkin pastikan Anda parker di area yang teduh seperti di bawah pohon atau di dalam gedung parkir.

Jika Ada Bau Busuk, Pertanda Anda Harus Waspadai Aki Anda

Aki pada mobil mengandung asam sulfat. Inilah yang menyebabkan aki mobil mengeluarkan aroma gas yang tidak sedap ketika terjadi korslet di dalam aki. Hal ini bisa menjadi sangat berbahaya karena asam sulfat yang keluar akan merusak komponen mobil lainnya. Jadi ketika Anda mulai mencium bau busuk atau bau yang kurang sedap, ada baiknya jika Anda mulai mengecek aki mobil Anda untuk menghindari kerusakan pada komponen mobil lainnya.

Anda Bisa Menggunakan Baking Soda Untuk Membersihkan Aki Mobil

Untuk membantu aki Anda tetap bekerja dengan baik dan dalam waktu lama secara optimal, Anda harus dengan rutin memperhatikan serta merawat kebersihan aki mobil Anda dari korosi. Korosi yang menempel pada terminal aki mobil Anda. Cara yang ampuh yang belum banyak diketahui untuk menghilangkan korosi yang mengurangi kinerja aki adalah dengan menggunakan baking soda yang sedikit dicampurkan dengan air. Baking soda memiliki sifat basa yang bisa membantu menetralkan bau busuk asam sulfat serta memudahkan untuk menghilangkan korosi pada aki mobil Anda.

You May Also Like..

    Leave a Reply


    *