Pajak Buku Amazon

Hallo..
Wah sudah beberapa hari ini saya tidak update blog. Oh ya, saya ingin meneruskan lanjutan dari beli buku di Amazon. Pada tanggal 18 Januari buku-buku tersebut datang ke rumah (janji mereka paling lambat tgl 22 Januari, berarti buku sampai lebih cepat dari waktu yang diperkirakan), dan tiba-tiba petugas pos yg mengantar menyodorkan rincian disuruh membayar Rp 275.000. WHAAT!!?! Busyet banyak amat!

Saya pun protes, kok bisa semahal itu, sebanyak itu biaya yang harus dibayar. Saya minta rinciannya biaya-biaya segitu apa saja, eh kurirnya nggak bisa menjelaskan (maklum dia kan cuma pengantar), mereka taunya ya harus bayar segitu.

Ada rasa curiga pada saat itu, karena rinciannya ditulis dengan menggunakan tulisan tangan. Apakah benar harus bayar segitu? Karena pengalaman sebelumnya membeli barang dari luar negri menggunakan FedEx, memang ada rincian biaya tambahan tetapi diprint jelas, bukan tulisan tangan.

Suami saya pun dimintai keputusan cepat juga tidak bisa, akhirnya buku tersebut dipending dan oleh kurir posnya , disuruh ambil sendiri ke kantor pos Juanda dan menanyakan langsung rincian biayanya. Saya sebenarnya mau membayar pajak, tetapi orang yang bersangkutan harus mau menjelaskan rincian biayanya sejelas-jelasnya. Saya orang sok kaya kok, tapi bisa bayar pajak *congkak dikit*, sorry ya.. saya bukan orang-orang yang memang kaya tapi belaga nggak bisa bayar pajak, yang harus mengumpetkan usahanya, pura-pura mengurangi penghasilannya agar bayar pajak sedikit.

Tetapi berhubung rasa ingin tau saya belum terjawab, saya akhirnya nggak mau bayar. Takutnya gini, uang sudah diberikan trus kalau ada apa-apa, kita nggak bisa komplain atau protes, ya karena mereka merasa uang sudah dibayar, ya lunas, segala macam urusan otomatis juga sudah selesai.

Akhirnya dua hari setelahnya suami saya pergi ke ke kantor pos Juanda, menanyakan sejelas-jelasnya rincian biaya, dan memang segitu. Buku tersebut dikenakan pajak karena invoicenya lebih dari $50. Fiuuh.. Akhirnya tetap saja harus membayar 274ribu dan barang diambil sendiri, tapi ada rasa puas karena mendapatkan rincian dari biaya-biaya tersebut.

Saya masih nggondok dan protes, masa buku dikenakan pajak juga, itu kan buku-buku pelajaran, bukan barang elektronik atau barang mewah. Kalau buku-buku itu dijual di toko buku di kota saja, ya ngapain harus jauh-jauh beli sampai ke amrik sono. Pantas saja orang Indonesia lama pintarnya, lha wong buku aja mesti dipajeki. Harusnya gratis.. tis.. tis… *maunya*

Saran dari petugas pos Juanda (yang katanya suami saya lebih ramah daripada petugas pos/kurir yang mengantarkan barang ke rumah), kalau mau beli apa-apa dari luar negri harganya harus dibawah $50 baru nggak kena pajak, cuma dikanakan biaya bongkar dan packing ulang 7ribu sampe 8ribu.

Overall.. saya puas sama buku-buku yang saya beli. Saya membeli buku-buku web programming ASP. NET 4 yang amit-amit tebalnya melebihi kitab suci, buku inspirasi web design seperti yang saya pajang di sidebar sebelah blog (asli isi bukunya bagus banget, kertasnya model magazine paper, full color, recommended banget dech!)

Buku ASP.NET 4

Buku ASP.NET 4 dan Buku Web Designer Idea

Buku novel tentang pembantaian Yahudi di Jerman sekitar tahun 1942an (Anne Frank: The Diary of a young girl).

The diary of a young girl

Suami saya membeli buku eksiklopedi, yang juga keren banget! Intisari pelajaran IPA ada di situ (Fisika, Kimia, Biologi). Saua gak nyangka kalau pelajaran science begitu menyenangkan. Recommended juga dech, karena bukunya full colors, full images, kertasnya bagus, hard cover dan harganya juga gak mahal! Kalau katanya suami saya, lebih keren bukunya temennya yang juga nitip pada saat saya belanja di Amazon. Bukunya sangar! Bukunya Stephen Hawkings. Saya sendiri belum lihat, karena pada saat barang itu diambil dari kantor pos, langsung dibawa ke kantor oleh suami saya dan diberikan ke temennya.

Ya sudah gitu dulu.. kalau kamu butuh membeli buku-buku di Amazon tetapi nggak mempunyai kartu kredit (karena Amazon tidak menerima pembayaran melalui PayPal), kamu bisa hubungi saya. Saya bisa membantu membelikan bukunya untukmu, tinggal kamu menggantinya dengan rupiah saja, hehe.. pembayarannya pun boleh dicicil 3x kok, kyk temennya suamiku itu :D

*Selamat hari sabtu semuanya… saatnya WAKUNMER (waktu kunjung mertua) nich ;) **

10 Comments on Pajak Buku Amazon

  1. Kakang Prabu
    22 January 2011 at 11:02 AM (3 years ago)

    wah boleh juga tuh mesan buku ke kamu..
    bisa dicicil klo?

  2. xero
    22 January 2011 at 4:08 PM (3 years ago)

    waw brili ma misua kutu buku wkwkwkw, niat ya sampe beli buku di luarnegeri.. bukunya tebel2 pula, liat aja pusing hehehe. sip sip

  3. efahmi
    23 January 2011 at 7:19 AM (3 years ago)

    ya, aku pernah beli online juga, tapi nggak mahal. baru ini aku tau soal aturan $50 itu. lain kali kalo belanja, ordernya dipecah satu buku satu buku gitu ae kali ya? hehe :D

  4. indra
    23 January 2011 at 11:35 AM (3 years ago)

    Iya, klau di atas $50 kena pajak. Klau gak kena berani deh beli iphone atau hp2 yg lain kirim kesini. He3x

  5. henri
    24 January 2011 at 3:46 PM (3 years ago)

    pernah ada proyek pengadaan buku.. dikenakan pajak.. tp protes, soalnya undang-undang baru.. buku gak kena pajak. gampang, print aja undang-undangnya, tunjukin ke mereka-mereka yang mau korupsi dengan memanfaatkan ketidak tahuan masyarakat.
    huff.. kapan indonesia bisa berubah

  6. andy
    2 March 2011 at 7:44 PM (3 years ago)

    nice info,
    btw font nya gedein dong, super kecil di layar saya

  7. Kang Kabayan
    31 May 2011 at 6:54 AM (3 years ago)

    Wah kok mahal banget… Kang Kabayan beli kamera digital dan mp3 player tidak dikenai pajak lagi soalnya sudah dibayar langsung oleh Amazon.com. Tapi pajaknya juga nggak sebesar itu juga. Kirimnya pakai DHL

  8. Denissa
    23 April 2012 at 8:09 AM (2 years ago)

    Mba, boleh tanya? mba pakai pengiriman amazon yg apa dan nilai barangnya berapa?
    takut kemahalan nih abis beli buku+ pengiriman $95.55 ckkck

  9. Susanti Mallida
    29 September 2013 at 6:53 PM (7 months ago)

    halo mb, salam kenal.
    mau nanya juga ya mb, kalo amazon gift card punya mb masih ada stock? saya kebtulan sedang nyusun tesis dan butuh novel karya penulis Amerika. sudah saya cari di periplus trnyta sudah tidak ada. dan kbtulan di amazon nemu bukunya. maunya beli yg used aja. kalau masih ada stocknya saya mau minta tlg ‘nitip’ mb buat beli pake gift cardnya biar saya tinggal transfer. mohon infonya ya mb. terimakasih. (Susanti Mallida, mallida16@gmail.com)

Leave a Reply