Bonanza Alternatif Berjualan Selain eBay

Beberapa minggu terakhir ini saya mulai mencoba berjualan di Bonanza, karena sebelumnya saya putus asa berjualan di ebayetsy dan ioffer. Putus asanya karena di ebay terhadang oleh limit selling yang cuma beberapa item saja, padahal banyak sekali produk yang mau saya jual. Sedangkan di etsy dan ioffer harus memasukan no kartu kredit, ribet! Akhirnya saya memutuskan untuk berjualan di Bonanza saja. Banyak juga ebay seller yang mempunyai lapak di Bonanza.

Bonanza is an online marketplace focused on items that are not mass produced, like antiques, clothing, collectibles, jewelry and purses.

Bonanza sudah berdiri kurang lebih 3 tahun lalu. Dahulu namanya adalah Bonanzle, tetapi karena susah diucapkan dan diingat, akhirnya nama Bonanzle diganti menjadi Bonanza.

Untuk menjadi seller di Bonanza juga harus memasukan no kartu kredit, tetapi itu hanya untuk formalitas saja. Untungnya saya masih mempunyai VCC yang aktif sampai 2012, saya coba masukan nomernya dan ternyata berhasil. Sip! Selain itu, alasan memilih Bonanza adalah biayanya relatif murah, tidak ada listing fee dan final value feenya juga sangat murah dibandingkan ebay, etsy atau ioffer. Bahkan Bonanza mempunyai kalkulator perbandingan biaya yang dikeluarkan jika berjualan di bonanza, ebay, etsy atau ioffer, tentu saja masih lebih murah Bonanza.

Kelebihan berjualan di Bonanza adalah:

  1. Bisa mendaftar menggunakan Facebook atau Google Account
  2. Gratis biaya listing produk
  3. Final value fee yang murah
  4. Tidak ada batasan produk yang dijual
  5. Nggak perlu takut barang yang dijual melanggar trademark dari perusahaan atau brand tertentu
  6. Bisa import produk dari ebay dan etsy
  7. Bisa import produk dalam jumlah banyak menggunakan file csv
  8. Bisa import feedback dari ebay
  9. Biaya upgrade member juga relatif murah daripada ebay
  10. SEO friendly untuk setiap produk (walaupun masih agak susah tembus search engine google)
  11. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit, paypal, google checkout dan amazon checkout
  12. Adanya badge rewards (seperti di foursquare) yang memacu seller untuk lebih semangat meningkatkan penjualan
  13. Ada fasilitas chatting dengan sesama member Bonanza, wow.. asyik!

Kelemahan Bonanza:

  1. Bukan situs lelang seperti eBay, sehingga nggak ada fasilitas aution
  2. Belum begitu ramai pengunjungnya, sehingga agak susah mendapatkan pembeli

Sukses berjualan di Bonanza
Menurut saya.. ada beberapa cara sukses berjualan di Bonanza, antara lain:

  1. Import feedback dari ebay, dengan syarat feedback ebay kamu 100%, walaupun nggak banyak juga gpp
  2. Upgrade member menjadi Silver ($10/bulan) atau Gold ($24/bulan), karena kelebihan upgrade member banyak sekali. Biaya per bulan upgrade member di Bonanza masih jauh lebih murah daripada biaya bulanan ebay store.
  3. Listing banyak produk, kalau bisa setiap hari memasukan produk baru. Karena tidak ada biaya listing, maka manfaatkanlah kesempatan listing sebanyak-banyaknya. Semakin banyak semakin baik, kalau perlu bisa tembus 2000 produk.
  4. Berikan penawaran-penawaran menarik kepada buyer, misalnya diskon 10% untuk semua produl, produk pada kategori tertentu (misalnya khusus clothing), diskon 20% jika berbelanja lebih dari $200 di lapakmu atau diskon menggunakan kupon yang bisa kamu buat sendiri untuk produk yang kamu jual.
  5. Berikan nilai tambah pada produkmu. Misalnya ada produk serupa dengan yang kamu jual tetapi harganya lebih murah, maka agar bisa bersaing sehat kamu bisa memberikan bonus menarik misalnya gratis stiker, gratis gantungan kunci atau apapun yang membuat buyer merasa worth it membeli produkmu walaupun harganya lebih mahal daripada produk yang dijual orang lain.
  6. Selalu menjaga komunikasi yang baik dengan buyer atau member Bonanza lainnya.

Nah, untuk lebih jelasnya.. lebih baik dicoba sendiri dech. Kalau tekun, pasti akan berhasil. Good luck :)

Leave a Reply