Telur Palsu Hoax yang ternyata slime mainan anak-anak

Apakah isu tentang telur palsu hoax yang banyak sekali dishare oleh pengguna facebook itu benar? Ya, berita telur palsu tiongkok itu memang benar ada. Video pembuatan telur palsu itu berasal dari china ternyata slime dan digunakan untuk anak-anak bermain. Telur ini tentu saja tidak bisa dimakan. Jika kamu mau membelinya online, kamu bisa dapatkan di tokopedia dan shopee.

Orang-orang dengan mudahnya terpancing isu hoax dan langsung menyebarkan berita dan video dengan cepat di sosial media dan grup whatsapp mereka. Benar saja ada pepatah yang mengatakan bahwa berita hoax itu menyebar lebih cepat daripada kecepatan cahaya (entah siapa yang membuat istilah itu).

Telur Palsu Hoax

Telur palsu yang ternyata adalah mainan slime untuk anak-anak itu bentuknya lembek, tidak selengket dan sepadat slime buatan sendiri yang memakai lem dan borax. Slime berbentuk telur palsu ini lebih mendekati cair, bagian putih telurnya seperti warna putih susu dan tidak bening seperti putih telur asli. Rasa telur palsu ya tentu saja tidak enak, karena telur palsu terbuat dari bahan kimia yang tidak disarankan untuk dimakan. Telur mainan ini ada yang berbau wangi seperti parfum ada pula yang baunya nggak enak seperti bau bahan kimia.

Read:  Cara Mudah dan Cepat Menutup Kartu Kredit

Bahaya telur palsu

Terlu palsu ini tentu saja berbahaya bagi anak-anak dibawah usia 3 tahun karena dikhawatirkan mainan ini akan termakan saat mereka bermain. Jika orang dewasa normal yang tidak bisa membedakan mana telur asli dan telur, mungkin dia sangat miskin sekali sehingga tidak pernah melihat atau makan telur asli.

Telur palsu tiongkok

Tidak bisa disangkal bahwa kebanyakan mainan anak-anak dan produk apapun yang kita gunakan banyak diproduksi di China, ya termasuk telur palsu ini berasal dari tiongkok. Karena di sana ongkos produksinya sangat murah dan pemerintah di sana memberikan tarif kirim barang (export) yang murah. Nggak heran jika kamu mencari barang di aliexpress akan mendapatkan barang $1 sudah termasuk free shipping. Amazing kan?

Aku juga belum tau apakah telur slime mainan ini sudah mendapatkan label SNI belum, dan apakah telur mainan ini apakah ada importir resminya atau bukan.

Video Telur Palsu

Jika kamu mencari di Youtube video telur palsu, maka akan banyak bertebaran video pembuatan telur ini. Di video itu ada ibu-ibu yang mengambil adonan slime lalu dimasukan ke cangkang telur yang terbuat dari plastik bening lalu menutupnya. Kemudian akan dibawa ke bagian selanjutnya diberi stiker label dan dipacking untuk dijual.

Read:  BBM Naik, Tarif KRL Jabodetabek Turun

Salah satu video telur palsu seperti di bawah ini.

Telur ajaib, mainan telur palsu, slime egg di tokopedia harganya Rp 7500 per butih. Di shopee ada yang menjual hingga 20ribu lebih per butir. Bandingkan dengan telur asli yang harganya Rp 2000 – Rp 2500 per butir. Lebih murah telur asli kan ya, bisa dimakan lagi.

telur palsu hoax

Telur palsu mainan di tokopedia

telur palsu mainan

Telur slime mainan anak-anak di shopee

Sampai saat ini tidak ada mesin atau teknologi yang mampu membuat cangkang telur menyerupai aslinya. Kalaupun ada pasti harga mesinnya sangat mahal dan akhirnya menjadikan harga telur juga mahal. Buat apa susah payah memalsukan telur jika peternak telur bisa dengan mudah mengambil telur segar dari ayam setiap pagi, ya kan?

Penyebar Informasi Hoaks soal Telur Palsu Bisa Diancam UU ITE

Isu telur palsu ini kembali dihembuskan menjelang pilkada, ya biasalah ada oknum-oknum tertentu dibalik penyebaran kabar hoax ini yang diuntungkan. Udahlah.. lain kali kalau ada kabar seperti ini jangan langsung main share aja. Jangan ikutan latah menyebarkan berita telur palsu hoax yang belum tentu kebenarannya.

Read:  Ongkir / Tarif Pos Indonesia Ke Luar Negri Naik

Leave a Reply

*