Bensin mobil 6500, bensin motor 4500, yang penting pake premium!

Kemarin rame banget di social media, TV tentang rencana peraturan baru harga BBM bersubsidi, alias bensin premium!

Rencana pemerintah dua harga BBM jenis premium ternyata bukan untuk penghematan. Kebijakan ini hanya untuk mengurangi pemborosan yang sudah pasti terjadi. Namun agar jebolnya tidak terlalu tinggi, kebijakan dua harga ditetapkan.

Dalam kebijakan ini, harga bensin premium untuk mobil pribadi plat hitam adalah Rp 6.500/liter, sedangkan harga bensin premium untuk sepeda motor dan angkutan umum adalah Rp 4.500/liter.

KEN Tidak Menyetujui Rencana Pembagian Harga BBM Bersubsidi

Rencana harga premium yang dibedakan ini tidak disetujui oleh KEN. Komite Ekonomi Nasional (KEN) mengusulkan supaya pemerintah tidak ragu mencabut subsidi BBM untuk orang kaya karena dikhawatirkan para pengguna Pertamax (BBM non subsidi) akan beralih ke premium.

Sekretaris KEN Aviliani, mengatakan, hanya pengendara sepeda motor dan angkutan umum saja yang diperbolehkan menggunakan BBM bersubsidi, itu dapat mengurangi jatah subsidi BBM hingga 50%.

Premium Subsidi———————————————-

Rasanya emang kurang tepat kalau premium dinaikan, yang ada harga-harga kebutuhan pokok masyarakat ikut naik, tarif listrik naik, tarif angkot naik, harga nasi padang naik, makan di warteg juga harganya jd lebih mahal dan masih banyak lagi produk yang harganya ikutan naik menjadi mahal dengan alasan harga BBM naik (padahal gak ada hubungannya langsung dengan kenaikan BBM).

Jadi solusi memberikan dua harga bensin premium untuk mobil pribadi plat hitam dan harga untuk motor dan kendaraan umum plat kuning saya kira sudah tepat.

Saya sendiri termasuk pemilik kendaraan roda empat plat hitam keluaran tahun 2003 yang masih minum bensin bersubsidi. Malu? Sebenernya IYªªªª, tapi kalau dengan hidup yang serba pas-pasan gini dipaksa beli pertamax Чα bangkut bandarnya.

Jangan kira yang punya mobil itu pasti orang kaya, belum tentu. Bisa aja mereka menabung bertahun-tahun supaya bisa beli mobil. Tujuannya agar bisa berkunjung ke rumah saudara pas lebaran, seperti saya 😀 daripada ngeluarin uang banyak per tahun untuk rental mobil pas lebaran. Selebihnya kalau kemana-mana kami selalu naik sepeda motor. Suami saya pun lebih milih ke kantor naik transportasi massal yang sudah disediakan pemerintah, yaitu KRL.

Jadi memang sudah tepat pembagian dua harga bensin premium yang berbeda ini. Wong cilik alias rakyat kecil masih bisa beli bensin dengan harga yang terjangkau bagi mereka. Sedangkan subsidi ini dibayar oleh orang-orang bermobil yang keukeuh tetep pengen pake premium.

Jika program ini sukses maka bisa dilanjutkan tiap beberapa bulan harganya dinaikan, tapi jarak perbedaan antara harga bensin untuk sepeda motor dengan mobil jangan terlalu jauh. Kalau terlalu jauh misal harga bensin premium untuk mobil terlalu mahal dan premium untuk motor tidak mengalami kenaikan, nanti yang tadinya pemilik mobil sudah bisa ikhlas nerima harga segitu eh gara-gara perbedaan harga yang terlalu mencolok akan terjadi kecemburuan sosial. Nanti mobil-mobil itu akan menyerobot antrian bensin untuk motor, gak peduli, muka tembok, muka badak walau dikata-katain orang mampu beli bensin orang gak mampu.

Kalau menurut saua inilah win-win solution sementara. Bensin mobil 6500, bensin motor 4500, yang penting pake premium!

Jadi, kamu setuju yang mana?


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sial Gagal Nyambung Teruuusss…!

You May Also Like..

    1 Comment on Bensin mobil 6500, bensin motor 4500, yang penting pake premium!

    1. fendy
      16/06/2013 at 9:43 pm (3 years ago)

      gw stuju jika premium untuk mobil 6500 & klo motor 4500 krn smua rakyat indonesia akn lebih tenang

      Reply

    Leave a Reply


    *