Pembantu Cuci Gosok vs Laundry Kiloan

Kebutuhan akan pembantu pulang hari hanya untuk sekedar cuci dan setrika baju meningkat di perkotaan. Hal itu nggak bisa dipungkiri lagi, terlebih lagi jaman sekarang ibu muda lebih smart dalam mengelola waktu dan nggak ingin harinya habis hanya untuk pekerjaan tingkat rendah yang nggak ada habisnya seperti nyuci dan nyetrika baju.

Nah, aku pingin ngasi pandangan buat ibu-ibu yang masih bingung apakah perlu menggunakan jasa laundry kiloan atau mencari pembantu khusus cuci dan setrika baju.

Sekarang jawab pertanyaan ini:
1. Berapa banyak anggota keluarga di rumahmu?
2. Seberapa luas rumahmu?

Pembantu Cuci Gosok vs Laundry Kiloan

Sebagai contoh perbandingan

Saya, mempunyai rumah dengan standar luas perumahan pada umumnya 90 m2, hanya lantai 1. Anggota keluarga 4 (ayah, ibu, anak, bayi). Tinggal di Kota Tangerang.

Harga pasaran laundry kiloan cuci setrika di kota Tangerang aku ambil yang paling mahal yaitu Rp 8.500 / kg. Aku juga sudah menghitung kebutuhan rata-rata cucian 1 keluarga per minggu adalah 10 kg.

Gaji pembantu yang hanya cuci gosok saja di Jakarta dan Tangerang biasanya Rp 500.000 per bulan. Tetapi ada pula yang meminta gaji Rp 600.000 Pembantu cuci gosok pulang hari biasanya datang setiap hari, tetapi ada juga yang seminggu 3x.

Coba lihat tabel perbandingan di bawah ini.

Laundry Kiloan Pembantu Cuci Setrika
Harga Rp 8500 / kg Rp 600.000 / bulan
Estimasi 10 kg/minggu Rp 340.000 Rp 600.000
Kelemahan Nggak bisa cuci underwear Bisa minta perlakuan khusus untuk bahan pakaian yang sensitif
Kelebihan Nggak keluar biaya tambahan untuk listrik, detergen, pewangi, dll Ada biaya tambahan listrik, detergen, softener, dll

Kesimpulan dan saran:
Apabila kebutuhanmu hanya cuci setrika saja dan rata-rata pakaian kotormu kurang dari atau sama dengan 10 kg, maka lebih baik kamu menggunakan jasa laundry kiloan.

Apabila kamu selain pekerjaan cuci gosok, dia mau bersih-bersih rumah seperti nyuci piring, nyapu dan ngepel, silahkan memakai jasa pembantu cuci gosok pulang hari.

Jangan pernah mau PASRAH dan menerima permintaan pembantu pulang hari apabila job descnya hanya cuci setrika dan gaji di atas Rp 600.000, kecuali kamu orang KAYA pake banget dan nggak perhitungan soal uang.

PS: Biasanya pembantu minta macem-macem, misalnya kenaikan gaji per 3 bulan. Silahkan dibicarakan di awal mengenai ini, apakah kamu akan menaikan gaji per 3 bulan atau flat selama 6 atau 1 tahun.

Kalau saranku sih, naikan gaji tiap 6 bulan saja antara 50-100ribu sambil ditambah job descnya seperti cuci piring, nyapu ngepel, dll. Kalau misalnya pembantu cuci gosoknya resign, ya silahkan cari lagi dengan gaji awal 600ribu, jangan gaji terakhir yang diberikan ke pembantu sebelumnya.

You May Also Like..

Leave a Reply


*