SOPA & PIPA membuat banyak website disensor dan diblokir

Kemarin, tanggal 18 January 2012, mungkin hari yang bersejarah, menjengkelkan bagi semua pengguna internet di seluruh dunia. Mengapa? Karena banyak sekali website yang diblokir dan blog yang disensor karena aturan SOPA dan PIPA ini.

Dikutip dari tekno Kompas.com SOPA dan PIPA adalah undang-undang anti pembajakan online di Amerika Serikat. Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA). Walaupun baru berupa RUU atau Rancangan Undang-Undang, tetapi beberapa website sudah melakukan aksi protesnya, antara lain wikipedia dan wordpress. Untuk 24 jam wikipedia melayangkan protes dengan menghimbau para pembacanya untuk ikut menolak aksi protes.

Coba kamu buka http://en.wikipedia.org/wiki/Main_Page

Maka tampilannya berubah menjadi..

“Imagine a World Without Free Knowledge…”

Wah.. sadis sekali, padahal wikipedia sudah bertahun-tahun membangun website itu, mengumpulkan content dari banyak sumber, kalau harus terkena dampang UU SOPA dan PIPA bagaimana tuh?

Contoh kedua adalah wordpress, pada saat membuka wordpress.com maka banyak sekali website yang disensor, tadinya gambar yang disensor itu berupa screen shot atau thumbnail blog dari para blogger.

Wah.. wah.. tulisan CENSORED seperti memberikan cap jelek bahwa itu blog penyedia gambar porno.

Apa yang paling ditakutkan netter seluruh Indonesia karena undang-undang ini? Tentunya para penjual barang branded KW, dll. Begitu juga saya :D Mudah-mudahan vallians.com tidak ikut terkena imbasnya. Kalau sampai diblokir, hilanglah sudah sumber pendapatan keluarga :(

Website-website Indonesia yang saya harapkan jangan diblokir adalah blog pribadi saya kaskus dan tokobagus. Kalau website dari US antara lain ioffer, eBay, Bonanza dan puluhan website affiliate saya, please.. jangan diblokir dong.

Tapi saya yakin dan optimis, karena banyaknya orang yang melakukan aksi protes, RUU ini tidak jadi disahkan, kalaupun jadi saya harap kontennya bisa diperlunak. Kalaupun tetap ngotot disahkan dan strict, ayo para hacker seluruh dunia beraksi!

Megaupload – Closed
Fileserve – Stopped filesharing. You can only download your own files. Deleting multiple files. Banning Premium accounts. Closed Affiliate Program.
Filesonic – Stopped filesharing. You can only download your own files. Closed Affiliate Program. Changed server location Jan 22, 2012. Taken down it’s Facebook page. Now using Digital fingerprinting. Files are being deleted as soon as uploaded (as Hotfile did).
VideoBB – Closed Affiliate Program.
Filepost – Started suspending accounts with infringing material (as Hotfile did)
Uploaded.t… – Blocked U.S. access.
Videozer – Closed Affiliate Program.
Filejungle – Owned by Fileserve (same as above). Testing USA IP addresses blocking.
Uploadstation – Owned by Fileserve (same as above). Testing USA IP addresses blocking.
4*shared – Deleting multiple files
EnterUpload – Down (Redirect)

Jadi, bagaimana menurutmu tentang RUU SOPA dan PIPA ini?

0 comment on SOPA & PIPA membuat banyak website disensor dan diblokir

  1. pemujasedan
    23/01/2012 at 12:33 pm (3 years ago)

    saia mendukung penolakan sopa pipa … terlalu ketat dan kejam

    Reply
  2. Crazant
    23/01/2012 at 12:40 pm (3 years ago)

    Penerapan SOPA dan PIPA tidak hanya berdampak pada situs yang berasal dari Amerika saja, akan tetapi dari seluruh dunia. Jika hal ini terjadi maka situs-situs dari luar Amerika bisa diblokir secara sepihak ama mereka
    Terus terang saya kurang setuju dengan adanya sopa pipa !!

    Reply

Leave a Reply