30 April 2013, Posterous Resmi Tidak Bisa Digunakan Lagi

Hari jumat kemarin (8 Maret 2013)  saya mendapatkan email / newsletter dari Posterous yang isinya Posterous akan ditutup alias tidak bisa digunakan lagi.

Sebelumnya Posterous berdiri sejak tahun 2008, pada saat itu saya masih jadi blogger cupu. Pada tahun 2009 saya sering banget menggunakan Posterous, tepatnya ketika masih bekerja. Hampir setiap hari kegiatan saya abadikan dengan foto dan saya send ke Posterous.

Posterous Tutup

Semua teman-teman blogger saya juga mempunyai Posterous, Arai, Efahmi, Fenty, dll. Soalnya tampilan posterous saat itu cukup simple dan hampir teman-teman blogger menggunakan Posterous sebagai tempat foto blog. Jadi kita bisa mengambil gambar/foto dari hp kamera kemudian send lewat email unik yang kita dapat setiap akun Posterous dan tampil deh postingan kita. Mudah..

Kemudian akhirnya Posterous diambil alih (dibeli) oleh Twitter dan terus beroperasi. Tetapi sepertinya makin lama peminat Posterous makin sedikit, kalah dengan pengguna Tumblr. Jadi daripada Twitter mengeluarkan cost yang besar setiap bulan untuk ngopeni Posterous, akhirnya mereka memutuskan untuk menutup Posterous secara resmi nanti hingga akhir bulan April tepatnya pada tanggal 30 April 2013. It’s mean.. kita dikasi waktu hampir 2 bulan untuk backup data seperti postingan atau foto di Posterous.

posterous logoIni langkah-langkah backup data di Posterus:

  • Kunjungi http://posterous.com/#backup.
  • Lakukan proses meminta backup dengan klik “Request Backup” di dekat Space name kamu.
  • Ketika proses backup sudah selesai, kamu akan menerima email pemberitahuan
  • Kembali ke http://posterous.com/#backup untuk mendownload file .zip tadi

Kamu bisa memindahkan data di Posterous ke WordPress atau web blog lainnya. Kalau saya sendiri sih nggak berencana untuk backup, biarlah..

Selamat tinggal Posterous… senang bisa berkenalan denganmu dan menghabiskan hari-hariku di tahun 2009 yang tidak terlupakan.

You May Also Like..

    Leave a Reply


    *