Tabung LPG Mengeluarkan Bau Saat Dipasang

Sudah beberapa tahun ini aku pakai tabung LPG 12 Kg dan semua baik-baik saja. Setelah pindah ke rumah baru, tabung LPG yang kupakai mulai bermasalah. Biasanya tabung LPG tidak mengeluarkan bau, kecuali kalau gas mau habis. Nah ini sudah beberapa bulan, aku selalu mencium bau gas keluar dari atas tabung padahal indikator di regulator menunjukkan kalau isinya masih banyak.

Jadi aku melakukan hal-hal berikut yang aku dapat dari internet guna menghindari ledakan yang disebabkan dari tabung LPG.

Update: Harga tabung LPG 12 kg aku beli Rp 138.000

Memasang gas detector
Entah berfungsi atau tidak, langkah pertama yang mungkin bisa dilakukan adalah memasang gas detector. Sehingga apabila ada kebocoran gas, alarm akan berbunyi dan kita bisa segera mengetahuinya.

Aku belum punya gas detector karena harganya sekitar 300 ribuan di Ace Hardware.

Gas LPG tidak berbau
LP Gas/LPG/Liquid Petroleum Gas tersusun dari gas hidrokarbon (Propana dan Butana). Gas ini tidak berbau tetapi sangat mudah terbakar. Nah bau gas LP/LPG adalah bau senyawa ethanethiol yang sengaja ditambahkan untuk mendeteksi jika terjadi kebocoran. sumber: kaskus

Menyapu lantai di sekitar tabung LPG
Lebih berat daripada udara. PG adalah gas tak beracun yang berat jenisnya lebih besar daripada udara (± 1,6 kali udara). Artinya, LPG yang merembes keluar tabung selalu akan tertarik ke lantai dapur karena adanya gravitasi bumi. LPG tak akan bisa melayang-layang di udara. Karenanya, ketika mencium bocoran gas LPG, segera matikan kompor gas. Bila ada sumber api yang menyala segera naikkan ke atas dan matikan.

Buka seluruh ventilasi udara (jendela dan pintu) agar LPG segera keluar dari dapur. Untuk mempercepatnya, gunakan sapu dan seolah menyapu lantai ke arah luar dapur. Memang kita tidak bisa melihatnya tapi sesungguhnya LPG yang ada di lantai akan tersapu ke luar. sumber: intisari-online.com

Memasang ulang ring karet (rubber seal) dan kabel regulator
Normalnya sih apabila karet dipasang ulang (dicopot trus dipasang lagi atau karet diganti dengan yang baru, lebih bagus), kemudian selang regulator dipasang ulang, masalah selesai.

Tabung LPG atau selang regulator bocor

Kalau ini aku nggak paham, aku coba cek dan dengarkan dengan seksama tidak ada bunyi mendesis. Namun begitu, tetap saja tercium bau gas.

Ada dua solusi lagi untuk uji coba, yaitu beli tabung LPG baru dan selang regulator baru. Cuma kalau untuk yang satu ini, harganya mahal dan aku belum mencobanya.

Menyimpan Tabung LPG
Ada pro kontra antara aku dan suamiku, antara menyimpan tabung LPG di tempat tertutup di dalam lemari / kabinet kitchen set di samping kompor atau harus diletakan di tempat terbuka. Kalau aku biasanya dimasukan ke dalam kabinet kitchen set di sebelah kompor agar terlihat rapi, tapi suamiku melarangnya dan menyuruh tabung LPG diletakan di luar.

Jadi, mana yang benar?

Masalahku belum selesai, tabung LPGku masih berbau, padahal karet sudah diganti baru dan selang regulator sudah dipasang ulang, jadinya aku belum berani menyalakan kompor. Suamiku sampai ngebelain pulang ke rumah siang hari hanya untuk ngecek masalah LPG ini.

Kalau sebelumnya sih aku tetep aja masak dan membiarkan bau gas itu. Oh ya, sebelumnya tabung LPG aku letakan di dalam kabinet kitchen set. Tapi lama-kelamaan nggak nyaman juga, terlebih lagi akhir-akhir ini banyak berita tabung LPG meledak. Kan ngeri banget.

Buat teman-teman yang pernah punya masalah serupa, mohon infonya ya.

Update: tgl 14 februari ELPIJIku resmi habis, indikatornya berada di warna merah dan kompor tidak mengeluarkan api lagi. Padahal kemarin aku cek, jarum indikatornya masih di warna hijau, di tengah. Ini artinya tabung ELPIJIku bocor. Bukti kuat lainnya adalah ketika aku berkunjung ke rumah adikku, aku coba bandingkan dengan LPG punyanya, aku cium dari dekat dan tidak berbau.

Tabung LPG memang seharusnya tidak berbau, seikit apapun tidak akan tercium bau kalau pemasangannya benar. Agak sedikit kesal sih sama suamiku soalnya dia ngotot kalau gpp LPG ada baunya, normal, dikipas aja. Sialan, untuk aja nggak meledak gara-gara gas LPG bocor. Kalau meledak trus aku mati gimana?

Bunyi Mendesis pada Tabung LPG saat Kompor dinyalakan

Aku membeli regulator gas baru merk Winn Gas. Regulator yang lama (padahal baru beli 1 bulan) merk Quantum yang katanya bagus ternyata jelek, tabung LPGku mengeluarkan bau gas terus, akhirnya gasku habis karena bocor. Padahal bertahun-tahun aku pake merk Quantum karena bagus dan mahal, ternyata sekalinya beli baru malah bikin gas LPGku bocor.

Ternyata setelah ganti regulator baru, ketika kompor dinyalakan muncul bunyi mendesis mengalir dari gas ke selang. Katanya orang-orang sih normal. Padahal dulu-dulu setiap aku masak dan masih pakai regulator quantum, nggak pernah tuh muncul bunyi mendesis. Yah semoga saja aman gitu, selama nggak tercium bau gas seperti dulu.

Menggunakan Pengaman Regulator

Pengaman Regulator

Pengaman Regulator

Nah ini.. aku baru tau kalau ada pengaman regulator. Akhirnya aku beli di Lazada harga 38.000 untuk keamanan. Katanya orang-orang juga sih, bikin gas lebih awet alias tahan lama, pemakaian LPG nggak boros. Tapi kalau aku sih berfikiran pengaman regulator ini berfungsi menekan regulator / mengecangkan regulator gas sehingga tidak kendor.

Kesimpulan:

  1. Pemasangan tabung LPG yang benar itu tidak mengeluarkan bau sedikitpun setelah dipasang.
  2. Tabung ELPIJI BOLEH diletakan di dalam lemari kitchen set. Tetapi ketika lemari dibuka dan mengeluarkan bau gas, sebaiknya tabung LPG dikeluakan saja.
  3. self note: nggak usah beli gas LPG di tokonya si engkoh itu, udah mahal, nggak jaminan mutu.
You May Also Like..

    2 Comments on Tabung LPG Mengeluarkan Bau Saat Dipasang

    1. ndop
      12/02/2015 at 6:59 pm (2 years ago)

      Wah aku wedi mbak karo elpiji. Masang selang ae rawani. Cemen sekali. Hahaha.

      Semoga ada komentator yg berpengalaman deh. Biar masalah selesai.

      Reply
    2. adi pradana
      23/02/2015 at 9:26 am (2 years ago)

      Saya selalu ganti Tabung Gas Elpiji sendiri tiap abis. Siapa lagi kalo bukan saya, istri ga bisa, anak masih kecil.. hehehe…

      Reply

    Leave a Reply


    *