Cara Memblokir No HP Penipu

Pernah mendapatkan SMS minta pulsa? Isinya nyuruh kita ngisi pulsa ke no lain yang bukan nomer si pengirim SMS. Dia ngaku-ngaku sebagai mama, papa, dan manggil kamu yank, say, dll. Penipuan tuh!

Kedua, pernah mendapatkan SMS isinya kamu menang undian promo poin indosat, undian XL berhadiah dll dan disuruh kamu ngecek websitenya? Itu juga bohong!

Jenuh dapat SMS yang isinya sudah jelas-jelas penipu? Jangan kamu balas! Ada dua kemungkinan kalau kamu membalas SMSnya. 1) Failed alias pesanmu gagal terkirim. 2) Bisa-bisa pulsamu tersedot habis.

Gimana cara membuat si penipu jera? Laporkan saja no penipuan itu ke operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, dll. Bisa? Tentu saja bisa. Ini caranya memblokir no HP penipu lewat SMS. Diambil dari Tempo.co

CARA BLOKIR NO HP PENIPUAN

1. TELKOMSEL

Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#081212­3456#selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin…dst lalu kirim ke 1166

Setelah itu, mereka akan melakukan verifikasi terhadap nomor yang dilaporkan untuk kemudian diambil langkah selanjutnya.

2. XL
Format SMS : forward pesan penipuannya ke nomor 588 lalu krm ke 588

XL akan melacak nomor tersebut. Jika memang transaksi yang dilakukan si nomor mencurigakan, misal mengirim pesan hingga ke 100 nomor, maka bisa langsung diblokir. Tetapi hanya memblokir no tersebut untuk tidak mengirim pesan lagi.

Hmm.. sayang sekali Indosat tidak mempunyai layanan SMS pengaduan penipuan seperti Telkomsel dan XL. Disayangkan juga, Telkomsel hanya menerima SMS pengaduan penipuan dan entah masih mengambang langkah apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Apakah Telkomsel cuma ditampung saja keluhan SMS penipuan tersebut atau langsung take action nomer HP tersebut, kita nggak tau.

Tapi apapun itu, semoga cara ini membantu dan membuat jera pelaku penipuan. Selamat mencoba.

Leave a Reply