SEO Maintainer

Jika Anda adalah perusahaan yang sedang mencari SEO Maintainer untung membuat website perusahaan Anda berada di page one Google, maka pekerjakanlah saya sebagai karyawan Anda!

Pengalaman saya… (bukan melebih-lebihkan, tetapi kenyataan :D)

Saya pernah bekerja sebagai Customer Service online. Saya juga ahli dalam membuat website berada di halaman pertama Google dengan suatu keyword tertentu. Saya sangat bisa dalam maintenance website berbasis WordPress, terbukti dari seringnya website saya kena hack dan saya bisa mengatasinya. Mendesain website juga lumayan, walaupun tidak sebagus dan seprofesional desainer yang lulusan DKV (Desain Komunikasi Visual) spesialisasinya mendesain website. Untuk urusan mengirim email massal ke customer melalui mail merge excel, mengelola data customer melalui email marketing seperti get response, aweber, mailchimp juga jangan diragukan lagi.

SEO Maintainer

Kali pertama saya mendengar tentang profesi SEO Maintainer adalah dari sebuah website lowongan pekerjaan, ada sebuah perusahaan di jawa tengah yang mencari posisi untuk SEO Maintainer. Postingan ini menceritakan sedikit penjelasan tentang SEO Maintainer dan pengalaman saya melamar kerja sebagai posisi itu.

Profesi ini tergolong baru dan baru populer kurang dua atau tiga satu tahun terakhir ini. Umumnya urusan SEO diserahkan kepada perusahaan yang khsusus menangani hal tersebut, dan belum populer di Indonesia. Tetapi tarif jasa yang dikenakan perusahaan itu cukup mahal, sehingga bagi perusahaan yang ‘melek’ informasi, selalu update cara-cara marketing maka mereka akhirnya mencari seseorang yang mengerti tentang SEO untuk menghandle website mereka, tak lain dan tak bukan ya untuk meningkatkan penjualan mereka.

Apa itu SEO Maintainer?

SEO Maintainer atau mungkin punya nama lain yang berbeda yaitu SEO Link Builder, Online Marketing Executive, dll yang tugasnya hampir sama yaitu mengelola SEO atau search engine optimization website agar bisa mendapatkan dan mempertahankan ranking yang bagus di search engine, khususnya berada di halaman pertama, termasuk top 10 di Google. Terkadang tugas SEO Maintainer juga diserahkan kepada webmaster, itu jika perusahaan tersebut tidak mampu membayar orang yang khusus untuk memegang tugas SEO website.

Seorang SEO Maintainer harus mempunyai kemampuan dasar HTML, CMS, WordPress, e-commerce, bisa membuat artikel, familiar dengan social media networking (Facebook dan Twitter is a must!) dan yang terpenting adalah mengerti tentang SEO. Oleh karena itu, perusahaan lebih memilih lulusan diploma atau sarjana jurusan IT yang juga seorang blogger. Beruntunglah kamu yang seorang blogger, karena memang sudah terbukti selain ngeblog dapat memiliki banyak teman, memperluas pengetahuan dan menghasilkan uang, ternyata profesi ini sangat menjanjikan dimasa depan. Sayangnya, profesi ini masih banyak berada di Jakarta dan di kota-kota besar di Indonesia saja.

Selain itu, SEO Maintainer harus mengerti tentang perusahaan yang dihandlenya, terutama jika dia juga merangkap sebagai customer service. Dia harus bisa mengambil keputusan yang cepat dan bisa menjawab pertanyaan klien, customer dengan bijak apabila ada yang bertanya atau komplain melalui email, twitter dan facebook. Jangan sampai image perusahaan jadi jelek hanya karena dia tidak tau apa-apa. Memang ada baiknya fungsi customer service dan SEO Maintainer harus dibedakan.

Jadi, cukuplah bagi perusahaan Anda yang mau merekrut saya sebagai pegawai SEO Maintainer dengan salary Rp minimal 5.000.000 masih lebih murah lho dengan kemampuan saya yang lebih dari 4 tahun (tidak dihitung pada saat saya kuliah) daripada Anda menyewa jasa perusahaan yang khusus menangani SEO saja. Saya bisa sebagai customer service online, sebagai webmaster juga bisa.

Pengalaman melamar sebagai SEO Maintainer

Ok.. ok.. jadi ceritanya begini, suami saya memberikan link lowongan pekerjaan sebagai SEO Maintainer. Saya membaca lokasi perusahaan itu berada di suatu kota di jawa tengah, jauh memang dari Sidoarjo. Saya pun iseng memasukan CV dan surat lamaran pekerjaan. Di cover letter saya menuliskan SEO Maintainer Home Base, yang artinya saya bersedia menjadi SEO Maintainer jika dikerjakan jarak jauh dari rumah. Karena sesuai dengan pengalaman di pekerjaan saya sebelumnya, pekerjaan customer service online atau pekerjaan sejenis itu bisa dikerjakan dari rumah atau dimana saja selama ada koneksi internet dan listrik.

Akhirnya perusahaan itu menelpon saya, menanyakan beberapa pertanyaan. Sepertinya dia tidak membaca cover letter saya yang ‘home base’ itu, ya sudahlah.. akhirnya saya bilang memang ada rencana kerja kantoran di kota itu karena suami saya memang juga ada rencana cari kerja di sana (iya ta?). Mereka tahu saya memiliki banyak bisnis online dan banyak website yang saya handle, sepertinya keberatan jika saya tidak bisa full dan konsentrasi sebagai SEO Maintainer mengurus website mereka. Sehingga mereka menginginkan komitmen untuk full time.

Well,, ok.. bisnis online dan mini site saya memang bisa ditinggal karena memang website itu set dan forget, tetapi penghasilan dollar ($$) jalan terus, sehingga saya bisa kerja kantoran, tapi dengan syarat salary saya harus sebanding atau lebih tinggi daripada penghasilan online saya tiap bulan. Ya iyalah.. secara saya dituntut berkomitmen harus full time mengurus website mereka, meninggalkan bisnis online saya, maka salarynya harus lebih baik.

Besoknya saya pun diminta datang untuk wawancara ke perusahaan itu, what the hell? Mendadak banget! Kalo mau ngomongin salary SEO Maintainer by phone aja, kalau cocok baru saya ke sana. Atau transportasi dan akomodasinya diberikan di depan baru saya bisa datang, hehe maunya. Saya nggak mau seperti pengalaman suami saya yg sudah jauh2 datang ke Jakarta untuk wawancara kerja, eh salarynya ngga sesuai harapan. Saya bukan matrealistis, tapi realistis. Saya sudah bukan fresh graduate yang mencari pekerjaan gaji seadanya yang penting pengalaman, saya mencari perusahaan dan dapat berkontribusi dengan maksimal dengan pekerjaan yang saya lakukan sebagai seorang Technopreneur. Alasan kedua karena uang itu penting untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Lebih baik jujur di awal kan, jadinya sama-sama enak sehingga nggak ada alasan untuk tidak melakukan pekerjaan secara maksimal.

Akhirnya tawaran sebagai SEO Maintainer dan menghadiri wawancara itu saya lepas setelah berdiskusi dengan suami. Tetapi tidak menutup kemungkinan saya akan menjemput bola, menawarkan diri menjadi SEO Maintainer ke perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta kalau memang suami dan saya pindah ke sana.

0 comment on SEO Maintainer

  1. xero
    09/12/2011 at 7:11 pm (3 years ago)
    Reply
  2. fazza
    09/12/2011 at 8:31 pm (3 years ago)

    salam kenal…
    sama-sama pencinta SEO :D

    Reply
  3. Light Gaming
    15/12/2011 at 7:17 am (3 years ago)

    bagi-bagi teknik SEO nya dunk, jadi pemelihara SEO itu susah banget, susah mempertahankan fokus dan konsisten, sering niat awalnya membuat backlink jadinya malah “tamasya”, salut banget sama dirimiu, ngurus banyak blog + ngurus keluarga :)

    Reply
    • Brillie
      16/12/2011 at 11:32 am (3 years ago)

      thank you..
      Ilmu SEO-ku juga sebenarnya dasar, gak sempat update terbaru, gak ada waktu. Yang kupegang cuma basic penting2nya aja, kalo black hat-nya nggak sempet belajar skg, udah ada bayi, hehe..

      Reply
  4. Anas
    16/12/2011 at 8:43 am (3 years ago)

    Brril, gak ada yang home base ta? ikut dunk…

    Reply
    • Brillie
      16/12/2011 at 11:31 am (3 years ago)

      sayangnya gak ada… klo yg home base nanti takutnya ga fokus di kerjaan, lalu untuk koordinasi dll sulit karena tidak bisa bertemu langsung. IMHO pengalamanku dulu.

      Reply
  5. @helgaindra
    22/12/2011 at 9:07 pm (3 years ago)

    abis baca tulisan ini saya jadi tertarik belajar seo kak
    ada tutorial sederhananya gak?
    fufufufu

    Reply
  6. Ahmad Muhtadi
    09/04/2012 at 9:32 am (3 years ago)

    artikel yang sangat bermanfaat untuk para bloger pemula seperti saya, terima kasih sudah berbagi, semoga sukses selalu.

    Reply
  7. besplatne dojave
    17/04/2014 at 8:40 pm (7 months ago)

    Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest
    twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this for
    quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

    Reply
    • Brillie
      18/04/2014 at 7:11 pm (7 months ago)

      The plugin name is Tweetily

      Reply

1Pingbacks & Trackbacks on SEO Maintainer

  1. […] 2010 untuk keperluan belajar ASP.NET 4, berhubung saya sudah malas dan lebih memilih menjadi SEO Maintainer, makanya buku-buku ini akan saya jual […]

Leave a Reply