Berpetualang ke Ibu Kota Tiongkok

Liburan sudah semakin dekat nih, kamu akan pergi ke mana tahun ini? Minggu lalu adik iparku pulang dari China dan dia membawa banyak sekali cerita seru selama dia berpetualang ke ibu kota tiongkok. Supaya orang lain juga bisa menikmati ceritanya, maka akan aku bagi melalui blog post ini.

Jika Kamu pernah membaca sebuah novel menarik dengan judul Empress Orchid, yang ditulis oleh Anchee Min, pasti akan membayangkan seperti apa Kota Telarang di Tiongkok? Dalam Empress Orchid diceritakan kehidupan di Kota Terlarang dengan tokoh utama Maharani Ci Xi, penguasa wanita Dinasti Cha’iing. Dimana saat itu di Tiongkok, wanita tidak diperbolehkan berkuasa.

Sejarah Tiongkok memang selalu menarik untuk dibaca dan diketahui sehingga wisata ke Tiongkok menjadi petualangan tersendiri. Banyak jejak sejarah yang sudah diabadikan dalam film maupun novel sehingga dapat disaksikan langsung di sana. Jika Kamu tertarik berpetualang ke Tiongkok bisa menggunakan pesawat China Airlines, dan booking tiket China Airlines murah di Online Travel Agent.

china airlines

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Kamu dapat memulai petualangan dari Ibu Kota Tiongkok, yaitu Kota Beijing. Selain obyek wisata Kota Telarang, ada banyak lagi obyek wisata di Beijing yang dapat Kamu kunjungi. Dengan menggunakan maskapai China Airlines, dari Bandara Jakarta menuju Beijing memakan waktu sekitar 7 hingga 8 jam. Tetapi jangan kawatir, setelah penerbangan ini Kamu akan melihat jejak Maharani Ci Xi di Kota Terlarang.

Beijing memang layak dijadikan tujuan wisata utama karena Ibu Kota Tiongkok ini memiliki banyak bangunan bersejarah, bahkan bangunan tersebut menjadi icon yang membuat wisatawan tertarik datang ke sana. Terlebih sejarah Tiongkok tidak hanya dikenal di negerinya, tetapi terkenal sampai ke seluruh dunia. Sejarah itu ditulis dan difilmkan, beberapa menjadi legenda, seperti cerita tentang Maharani Ci Xi.

Kamu semakin penasaran? Yuk, kita mulai berpetualangan di Ibu Kota Tiongkok. Beberapa obyek wisata mengasyikan itu diantaranya:

Kota Telarang

kota terlarang tiongkok

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Kota Telarang adalah icon wisata di Beijing, banyak legenda sejarah lahir dari istana peninggalan dinasti Qing dan Ming yang terkenal di dunia. Sehingga Kota Telarang juga menjadi simbol kejayaan bagi Tiongkok. Di Kota Telarang terdapat 800 bangunan serta memiliki lebih dari 8000 ruang, dengan luas keseluruhan mencapai kurang lebih 720.000 meter, oleh UNESCO dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia.

Kota Telarang dulunya tertutup, sebelum akhirnya dibuka untuk umum sebagai museum sejarah. Kota yang dikelilingi dinding tembok tinggi ini, di bagian luarnya terdapat sungai selebar kira-kira 53 meter yang mengelilingi semua area istana. Menakjubkan lagi, semua material bangunan istana menggunakan kayu. Kamu bisa membayangkan seindah apa Kota Telarang?

Tembok China

tembok china

Sumber gambar: praw.me

Tembok China dikenal juga sebagai ‘Tembok Sepanjang 10.000 Li’, sama seperti Kota Telarang merupakan icon di Beijing dan menjadi Situs Warisan Dunia. Dari Beijing lokasi yang paling dekat untuk mengunjungi wisata ini adalah di Badaling. Untuk melihat keindahan Tembok China, Kamu akan menaiki sliding car, baru setelah itu turun dan menyusuri Tembok China yang membentang sangat indah.

Tembok China dibangun oleh Dinasti Ming, mempunyai panjang kurang lebih 8.850 kilometer, hingga disebut sebagai bangunan paling panjang yang pernah dibuat oleh manusia. Konon, bangunan Tembok China dibangun untuk membatasi antara area perumahan dan perkotaan. Lepas dari sejarah itu, Kamu dapat melihat betapa luar biasanya bangsa Tiongkok mampu membangun Tembok China.

Istana Musim Panas

Istana Musim Panas atau dikenal sebagai Summer Palace dibangun pada dinasti Jin. Istana ini pernah dihancurkan oleh Pasukan Perancis dan Inggris pada 1860M. Lantas dibangun kembali oleh Maharani Ci Xi dan kemudian jadi tempat tinggalnya. Tidak hanya di Kota Telarang, di Istana Musim Panas Kamu juga bisa menemukan jejak sejarah wanita yang pernah berkuasa di Tiongkok itu.

Jika Kamu mengunjungi Istana Musim Panas akan merasakan, bagaimana dahulu orang-orang kerajaan tinggal di dalamnya. Tidak hanya area istana yang begitu indah, terdapat juga jembatan terbesar di istana, yaitu Seventeen-Arch Bridge, yang mempunyai panjang 180 meter serta lebar 8 meter. Membentang dari Danau Kunming ke Pulau Nanhu. Terkadang, sulit membayangkan betapa luar biasanya kejayaan Tiongkok pada masa itu.

Selain istana, Jembatan Seventeen-Arch Bridge, di Istana Musim Panas masih banyak lagi area wisata lainnya. Kamu bisa berkeliling ke Court area, dimana bisa menyaksikan keindahan Danau Kunming dan Longevity Hill. Sementara di Front-Hill Area, Kamu bisa melihat Tower Of Buddhist Incence, Hall Of Moral Glory, Hall Of The Sea Of Wisdom, dan lain-lain. Karena obyek wisata itu sama seperti Istana Telarang, Tembok China, Istana Musim Panas, termasuk Situs Warisan Dunia.

Petualangan yang seru bukan, menjelajah obyek wisata sejarah di Tiongkok? Apalagi di sana masih banyak obyek wisata sejarah lainnya yang bisa Kamu nikmati dan telusuri. Jadi nggak sabar nih untuk merasakan berpetualang ke ibu kota Tiongkok bersama suami dan anak-anak tahun depan. Sampai bertemu di Tiongkok ya!

You May Also Like..

    Leave a Reply


    *