Kesimpulan dari bermain TwitterBot

TwitterBotSetelah bersiteru dengan Mark dari Bonanza, saya pun mulai mengikhlaskan uang saya yang seharusnya tidak diambil oleh mereka. Saya harus terus move on, nggak boleh ber-galau ria. Saya harus bangkit dan tetap bisa mendapatkan sales, walau tanpa Bonanza.

Lalu beberapa hari ini saya punya mainan baru yang namanya TwitterBot. Awal mulanya saya bertanya kepada iphin cow punya referensi software atau script twitter bot atau enggak. Trus iphin memberikan saya referensi artikelnya kak Berlin Sianipar tentang Cara Membuat Twitter Bot. Wah.. terima kasih ya kakak.. artikelnya sangat membantu sekali. Selama ini saya memakai cara kuno, yaitu mention satu per satu orang yang ingin saya prospek. Sangat melelahkan dan membuang banyak waktu.

Akhirnya selama 2 hari saya mencoba membuat beberapa twitter bot. Nah, disini saya akan merangkum pengalaman saya bermain twitterbot.

Ikuti petunjuk cara membuat twitter bot yang ditulis oleh kak Berlin.

Saya pertama kali membuat settingan feed 5 tweet atau mention dengan rentang waktu 30 menit. Satu feed = satu keyword. Saya membuat 4 keyword untuk satu akun twitter. Saya asumsikan, masih tidak melanggar rule twitter yang membatasi 1000 tweet per hari. Ternyata saya salah, akun saya disuspend :D

Percobaan selanjutnya, saya mengurangi post tweet dari 4 keyword menjadi 3 keyword saja, dan 3 tweet dalam rentang waktu 30 menit. Ternyata, akun twitter saya masih kena suspend juga. Percobaan kedua, GATOT alias gagal total.

Percobaan ketiga, saya hanya melakukan 1 post atau satu mention per keyword dengan setiap 30 menit. Masih sama, 3 keyword untuk 1 akun twitter. Kali ini nggak kena suspend, sayangnya saya melanggar rule lainnya. Yaitu follow banyak orang sekaligus. Saya follow 120 orang setiap hari. Hahahaha.. kena suspend lagi dech!

Jadi, rencananya senin besok saya mau membuat 20 akun twitter, mention 1 post setiap 30 menit, kata-katanya juga tidak semata-mata promosi (tapi masih mengandung link ke website online store saya), dan kali ini juga tetap sama, 3 keyword dalam 1 akun twitter. Saya asumsikan, paling tidak 1 akun twitter dapat menghasilkan 50 visitor setiap hari, jadi kalau ada 20 akun semoga saja bisa tembus lebih dari 1000 visitor setiap hari. Belum lagi kalau misalnya diretweet ke follower mereka, wah jadi tambah banyak visitornya. Amin…

Ada banyak hal yang membuat TwitterBot ini tidak berhasil, antara lain:

  1. Akun twitter baru, belum berumur lebih dari 1 bulan tetapi jumlah tweetnya atau mention ke orang banyak sekali.
  2. Total tweet kamu tidak boleh melebihi 1000 post setiap hari.
  3. Follow dan unfollow dalam jumlah banyak.
  4. Paling utama adalah jika banyaknya laporan yang melaporkanmu (report as spam), maka dengan cepat akunmu disuspend.

Sebenarnya saya juga bingung, saya tidak memberikan link di dalam tweet saya, saya hanya mengucapkan “Happy Easter” dan “Selamat Paskah”, eh.. tetap saja kena suspend. Hmm.. jadi bingung. Yah, daripada bingung karena kena suspend, mending buat akun twitter lagi terus dan terus, selama gratis :)

Kalau soal email yang digunakan untuk mendaftar twitter, biasanya saya menggunakan forwarder dari nama domain saya. Jadi saya bisa create ratusan forwarder email ;)

Oh ya, kesimpulan dari bermain TwitterBot hasilnya?

  • Jumlah visitor memang meningkat tajam, dari hanya 50 orang per hari, menjadi 300 orang per hari.
  • Masih belum bisa meningkatkan sales :( padahal sudah 2 hari menggunakan twitter bot
  • Sering dimaki-maki dengan kata-kata kasar, dikata-katain SPAM. Kalau begini, langsung saya reply “If I’m SPAM, I can’t reply your mention. I just give you information, if you don’t like, no problem :)”.

Yah setidaknya orang pernah berkunjung ke websiteku. Sekian dulu laporan saya mengenai Twitter Bot, selamat menghadapi workday kembali :)

5 Comments on Kesimpulan dari bermain TwitterBot

  1. budiono
    9 April 2012 at 8:48 AM (2 years ago)

    jadi mana online storemu itu bril, sini biar aku kunjungi langsung, ndak usah mensyen di twit haha..

  2. Frenavit Putra
    9 April 2012 at 12:05 PM (2 years ago)

    Wehehehehe… mbak q yang satu ini semakin sip aja euy.. Semangat mbak!! Iseng2 bikin TwitterBot Juga ah.. hehe..

  3. surya
    9 April 2012 at 10:49 PM (2 years ago)

    analisa swot tentang twitterbot-nya mantap….

  4. selamatbelanja.com
    21 December 2012 at 4:16 PM (2 years ago)

    ada cara buat bot yg langsung mention gk ?
    gk perlu nunggu 30 menit :D
    yg free tentunya

  5. Pulau Tidung
    16 June 2014 at 3:38 PM (3 months ago)

    trik nya kereeen mba walau banyak yang maki2 ( piiisss :D ) tapi saya bot pake sasbuzz(.)com itu lumayan okeh sih
    salam dari anak Pulau Tidung..

Leave a Reply