Pengalaman Berjualan di Etsy

Pengalaman Berjualan di Etsy – Pernah mencoba mendaftar di Etsy tapi selalu kena review, gagal lolos listing pertama dan akun Etsymu selalu disuspend?

Aku akan bercerita Pengalaman Berjualan di Etsy.

Sebelumnya aku pernah mendaftar di Etsy sejak tahun 2009. Pada waktu itu aku mendaftar menggunakan VCC dan pertama kali berjualan gantungan kunci handmade. Aku merasakan kalau listing fee di Etsy itu sangat mahal, soalnya listingnya dihitung per barang. Jadi kalau ada 10 barang dengan judul yang sama, ya biaya listingnya dikali 10.

Akhirnya aku memutuskan untuk menutup akun Etsy itu dan move on. Ceileh..

Beberapa tahu kemudian, aku baca-baca di forum kalau mau daftar di Etsy itu susah banget. Aku nggak ngerti kenapa banyak orang mengalami kendala. Aku sendiri belum kepikiran untuk membuat akun Etsy lagi karena belum punya kartu kredit.

Pengalaman Berjualan di Etsy

Pengalaman Berjualan di Etsy

Sutu hari, aku sedang mendesain dan butuh beberapa clip art yang hanya dijual di Etsy. Nggak ada planning, aku pun bikin akun Etsy dan kupakai untuk berbelanja.

Beberapa bulan kemudian aku memutuskan untuk menjual barang di Etsy. Untungnya kali ini aku sudah punya kartu kredit, jadinya proses verifikasinya gampang.

Ada teman yang tanya, kamu kok gampang sih bikin akun Etsy? Sedangkan aku selalu gagal lolos listing pertama.

Well.. pertanyaan yang gampang2 susah. Aku sendiri akun nggak berharap akun Etsyku tiba2 suspend atau apalah, karena sebisa mungkin aku bermain aman, safe, tidak melanggar TOS dan selalu memberikan 100% customer guarantee.

Aku baru 1 bulan berjualan di Etsy, Alhamdulillah sudah ada beberapa penjualan walaupun nggak banyak. Sebisa mungkin aku memberikan harga termurah agar bisa bersaing dengan orang thailand. Oh ya, di Etsy jarang menemukan seller dari China seperti di eBay yang menjamur.

Kalau untuk shippingnya, biasanya aku selalu menggunakan jasa Pos Indonesia untuk kirim ke luar negri. Kalau yang murah aku pakai RLN, tapi kalau ada yang butuh cepat ya aku kirim pakai EMS.

Dahulu pun aku mendaftar ke Etsy juga prosesnya gampang.

Jadi, ini kesimpulanku kalau mau daftar akun Etsy bisa lolos listing pertama:

  1. Gunakan ISP yang IPnya masih dalam daftar “White List”.
    Menurut pengalaman, orang-orang yang mendaftar ke Etsy memakai Speedy, XL, Telkomsel, apalagi SmartFren itu kebanyakan sih gagal, walaupun ada juga yang berhasil. Aku sendiri menggunakan First Media. Masih banyak ISP yang bagus dan nggak pasaran seperti D-Net, AccessNet (punya Transmedia), CentinNet, dll. Lebih lengkapnya bisa di daftar ISP Indonesia.
  2. Jangan gunakan VCC untuk verifikasi seller kalau tidak terpaksa, melainkan gunakan kartu kredit.
  3. Hubungkan (Link) akun Etsy kamu ke PayPal.
  4. Nggak jualan barang-barang yang ada trademarknya.
  5. Jika perlu, gunakan jasa orang luar negri untuk membuatkan akun Etsy untukmu menggukanan VCC (resiko ditanggung sendiri). Ada banyak jasa seperti itu di Fiverr.

Semoga pengalaman berjualan di Etsy yang aku lakukan bisa bermanfaat untukmu. Good luck.

You May Also Like..

    3 Comments on Pengalaman Berjualan di Etsy

    1. yogi
      27/08/2015 at 6:51 pm (1 year ago)

      Ada saran gak untuk jualan produk handmade terutama digital prints di website selain Etsy? makasih

      Reply
    2. tika
      03/10/2015 at 11:14 pm (1 year ago)

      kok jangan menggunakan vcc,alasannya apa y ? soalnya aq baru aja buat akun untuk jual di etsy pake vcc. terima kasih

      Reply
    3. Ratna
      13/06/2016 at 8:05 pm (6 months ago)

      hai…saya Ratna! bisa tanya yah…hehehe
      memangnya klo mau jualan di Etsy harus pake kartu kredit??

      Reply

    Leave a Reply


    *