RIP My Beloved Asus Vivobook

Masih ingat dengan postinganku beberapa bulan lalu tentang notebook yang sangat kubanggakan, asus vivobook S200 ? Nah,, saya ingin memberikan kabar buruk 🙁

2 hari lalu laptop vivobook s200 saya secara sengaja disiram air aqua gelas sama anak saya yang berumur 2 tahun. Marah, kesal, kecewa, nangis, ya tentu saja. Bayangkan, untuk membeli laptop yang harganya hampir 6 juta itu saya harus mencicil selama 6 bulan (cicilannya baru lunas bulan kemarin), dan kini rusak total gara-gara air mineral seharga 500 rupiah. WTF!

Banyak yang ngasi saran, jangan dinyalain dulu. Dilap, dikeringkan, dsb. Wah.. sudah terlambat. Pada saat saya mengetahui laptop itu basah adalah dalam keadaan nyala. Setelah saya bongkar isi laptopnya, sudah terendam air.

Laptop rusak kena air

Salah satu solusi yang sering dipakai untuk memperbaiki laptop yang terkena air adalah dengan membawanya ke asus service center dan mengganti motherboard. Tapi sayangnya,,,

  1. Membawa laptop untuk diperbaiki di service center akan memakan waktu lebih dari 1 bulan, ada pengalaman malah bisa 3 bulan belum selesai.
  2. Kelemahan dari asus adalah harga sparepart motherboard yang lebih mahal daripada merk lainnya. Punya saya bisa lebih dari 2 juta untuk mengganti mobo.
  3. Tidak semua sparepart yang diganti itu gratis walau itu dibawa ke service center dan statusnya masih garansi. Bayangkan sudah nunggu 3 bulan tetapi biaya yang dikeluarkan sama.

Pertolongan Pertama Pada Laptop Rusak

Semenjak kejadian 2x laptop rusak, akhirnya saya belajar bahwa ternyata ada cara ampuh untuk menyelamatkan data di laptop. Bagi sebagian orang, gpp lah laptop rusak yang penting datanya selamat. Syukurlah, laptop memiliki kelebihan itu apabila terjadi kerusakan. Tidak peduli rusak karena hardisk bad sector, laptop mati total, laptop blue screen gak bisa booting, laptop restart terus, laptop kena air (seperti saya), dll.

  1. Bongkar laptop menggunakan obeng plus (+) atau obeng kembang yang kecil. Masa cowok gak punya? Saya aja yang cewek punya kok.
  2. Ambil hardisknya.
  3. Beli case hardisk external. Saya merekomendasikan merk samsung. Harganya murah cuma 65.000, warnanya macem-macem ada merah, hitam, biru. Coba beli di http://www.mitramm.com
  4. Taruh hardisk laptop di case hardisk external.

dan data-datamu di laptop yang rusak itu pun terselamatkan.

Selama beberapa hari ini saya terpaksa meminjam laptop adik untuk kerja. Saya belum tau kapan akan membawa laptop saya ke service center asus. Berharap saya bisa mendapatkan solusi segera.

Hikss.. masih nggak ikhlas. Kerja keras selama ini berbuah sia-sia. Nasib.. nasib..

You May Also Like..

0 comment on RIP My Beloved Asus Vivobook

  1. Budiono
    06/10/2013 at 8:54 am (3 years ago)

    waduh emane rek, tapi ya gpp, anak kecil kan gak bisa disalahkan wong dunia mereka memang dunia bermain hehe..

    maka cara yang baik adalah menaruh laptop di tempat yang tidak bisa dijangkau anak kecil.

    Reply
  2. ndop
    12/10/2013 at 4:02 pm (3 years ago)

    Berati sampean nabung maneh nu ya. Wah rapopo. Mbok menowo entuk ganti leptop sing luwih apik dan semoga rejekine sampean tambah lancar.

    Reply
  3. ibrahim sukman
    23/10/2013 at 4:03 pm (3 years ago)

    wakakkk….disiram air sama si kecil yah? kalo asusku keyboardnya dipretelin sama anak pertama saya…al hasil ngetiknya pake perasaan…salam

    Reply

Leave a Reply


*