Software T-Shirt Online Designer Untuk Bisnis Kaos Online

Seorang pebisnis di bilang sablon kaos, baik sablon manual menggunakan screen atau sablon digital menggunakan print, pasti menginginkan ekspansi yang lebih maju dan modern untuk mendapatkan pembeli dan keuntungan yang lebih banyak.

T-Shirt Online Design Software

Ok, lalu apa saja yang diperlukan apabila ingin memulai bisnis online dalam bidang jual beli kaos? Dalam hal ini dari segi vendor, bukan end seller.

  1. Website
  2. T-Shirt online designer
  3. Paypal sebagai alat pembayaran online
  4. Internet banking sebagai alat pembayaran online (Mandiri, BCA, BNI)
  5. Selanjutnya.. ditambahi sendiri ya 🙂

Di dalam postingan ini saya ingin membahas tentang T-Shirt online designer. Itu lho.. software online yang memungkinkan calon pembeli mendesain kaosnya sendiri. Umumnya hanya berlalu bagi vendor dengan sablon digital minimal 1 order kaos. Jadi melalui software itu, calon pembeli memasukan gambar yang dia punya, kemudian software menampilkan contoh hasil kaos yang sudah jadi. Calon pembeli bisa memilih warna kaos dan ukurannya.

Kalau dia terintegrasi dengan e-commerce, maka setelah kaos selesai didesain, akan muncul opsi untuk data pelanggan dan dikirim ke mana. Pembayaran pun bisa dilakukan saat itu juga, dengan menggunakan paypal dan alat pembayaran sejenis lainnya.

Dari segi back office, setelah gambar diupload oleh calon pembeli, software akan mengconvert gambar menjadi PNG dengan background transparan. Kemudian admin dapat mencetak langsung melalui printer DTG Direct to Garment. Setelah itu.. jadi deh! Kaos sudah dicetak sesuai pesanan, siap dikirim 🙂

Contoh website yang menggunakan software t-shirt online designer antara lain Zazzle, Spreadshirt, Cafepress, Artsnow, Fyves, dan masih banyak lagi. Di Indonesia juga ada, purikurashop mempunyai software itu di dalam websitenya.

Tetapi banyak kendala mempunyai t-shirt online designer. Apa aja tuh..?

  1. Harganya mahal! Berkisar antara $1500 sekali bayar atau jika mereka menyediakan pembayaran per bulan, biayanya sekitar $99 hingga $299 per bulan.
  2. Calon pelanggan lebih suka mendesain langsung ke online store yang sudah mempunyai nama terkenal seperti Zazzle, Cafepress, dll. daripada order di online storemu. Nah, lho!
  3. Biasanya software t-shirt online designer ini include dengan e-commercenya. Jadi bagi yang sebelumnya punya online store berbasis wordpress, ya tidak bisa dipakai. Kelemahan e-commerce ini, BURUK untuk SEO. Masih lebih bagus wordpress, bisa ditambahi plugin macam-macam. Walaupun mereka mengclaim mempunyai fitur SEO yang bagus, tapi buktinya terlihat dari URL produk yang jelek dan tidak user friendly.

Macam-macam merk software t-shirt online designer.

  • deconetwork.com
  • shirttools.com
  • ossdesigner.com
  • inksoft.com

Saya tidak melihat sisi positif menggunakan software ini, selain untuk gaya-gayaan! Ada satu online store di Indonesia yang mempunyai software ini, saya melihat website mereka sepi order. Tidak booming di kalangan dunia maya. Saya yakin, sedikit sekali calon pembeli yang menggunakan software itu. Kebanyakan para reseller lebih memilih untuk order kaos melalui Dropbox.

Selain mahal, software ini juga tidak menghasilkan banyak penjualan. Jadi, pikir 1000 kali jika kamu baru di dunia bisnis online kaos untuk membeli software ini. Kecuali jika usahamu kamu sudah mempunya banyak pelanggan, sudah berkembang pesat, seperti gantibaju.com Kalau website gantibaju, sebaiknya sih membeli software itu untuk mengembangkan bisnis mereka, secara mereka sudah terkenal di Indonesia.

Saya sendiri tadinya tertarik untuk membeli software t-shirt designer ini, tetapi setelah mempertimbangkan lebih lanjut dan membaca review dari orang-orang yang sudah membeli dan menggunakannya di online store mereka, rata-rata reviewnya kurang positif dan tidak menghasilkan banyak penjualan kaos. Kalau itu tergantung promosi websitenya juga sich..

How To Print T-Shirt for Fun and Profit e-book

Oh ya, bagi kamu yang baru di dunia bisnis kaos, ada baiknya membaca buku ini, How to Print T-Shirts for Fun and Profit. Buku ini layaknya alkitab bagi para vendor baru, newbie yang cupu hingga professional. Hal-hal teknis dibahas di buku ini. Mulai dari cara mendesain, memilih jenis sablon (manual atau digital), tata letak ruangan untuk toko dan ruang workshop yang baik, form ceklist untuk administrasi, hingga daftar vendor dan supplier di seluruh dunia! Pokoknya lengkap dech!

Dulu saya beli buku How to Print T-Shirts for Fun and Profit ini di Amazon dengan harga $39.95 dan sekarang harga bukunya pun masih sama. Hehehe.. Buku ini sudah ditulis lebih dari 10 tahun lho, bestseller dan selalu direvisi agar uptodate dengan perkembangan jaman.

Bagi kamu yang mampu, silahkan membelinya langsung di Amazon. Bagi yang duitnya pas-pasan, bisa fotocopy buku ini melalui saya. Nanti saya fotocopykan trus saya kirim ke rumah kamu melalui JNE. Lebih jelasnya, hubungi saya lewat form contact ya.

You May Also Like..

Comments are closed.