Hari tanpa kantong plastik sedunia, bisakah kita menerapkannya?

Kantong PlastikSudah tau belum kalau hari ini memperingati satu hari tanpa menggunakan kantong plastik di seluruh dunia?

Pasti banyak yang nggak tau, ya kan? Sama! Saya juga taunya dari berita di TV.

Bisakah kita menerapkan satu hari saja tanpa menggunakan kantong plastik, atau yang kita sebut tas kresek? Wow.. sepertinya itu agak susah.

Hari tanpa kantong plastik menurut saya masih belum memungkinkan.

Bayangkan saja, setiap penjual pasti menyediakan tas kresek untuk wadah barang yang mereka jual agar mudah dibawa. Kebanyakan dari kita memang pasti tidak mau repot membawa tas sendiri, ya kan?

  • Belanja di supermarket, mini market atau warung pasti diberikan tas kresek / kantong plastik.
  • Belanja di department store, toko apapun pasti diberikan kantong plastik. Kecuali tenant yang bermerk dan barang-barangnya mahal, dia menggunakan tas dari kertas dan bukan plastik sebagai kantong belanjaannya.
  • Membuang sampah setiap hari pasti menggunakan kantong plastik sebagai wadah menampung sampahnya.
  • Membuang pup bayi yang ada di diaper pasti terlebih dahulu menggunakan kantong plastik.
  • dll

Penerapan Kantong Kertas Pengganti Kantong Plastik

The Body Shop mungkin salah satu toko yang menerapkan konsep tidak memakai kantong plastik. Sebagai gantinya mereka menmbungkusnya dengan kertas cokelat. Mungkin ide mereka terlihat bagus, tapi tidak dimata pembeli seperti saya.

Logikanya, saya membeli barang diatas 500ribu di The Body Shop, sebagai pembeli saya mengharapkan packing yang bagus, rapi, berkelas, mewah. Eh, ini malah dikasi bungkusan kertas coklat kecil. Terlihat seperti membeli barang murahan, dibungkus seperti memakai kertas daur ulang. Sama sekali nggak menghargai pembeli yang berbelanja setengah juta. Bayangkan, setengah juta!

Masih mending Kerastase, beli shampoo harga seperempat juta, sama-sama diberi kantong dari kertas, cuma terlihat lebih mewah dan berkelas menunjukan bahwa di dalamnya adalah barang berkualitas dan mungkin mahal.

Cara Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik

Buat tas dari kain sebanyak-banyaknya, disesuaikan ukurannya, ada yang besar banget 40cm x 40cm, hingga yang terkecil 20 cm x 20 cm.

Ketika berbelanja di supermarket, minimarket atau warung sekalipun, tolak aksi penjual ketika akan memasukan barang ke dalam kantong plastik. Bilang bahwa kamu sudah membawa tas belanjaan sendiri.

Jangan malu melakukannya juga ketika berbelanja di department store atau mall. Untuk itu kamu perlu membuat tas belanjaan sendiri yang berkelas, sehingga tidak malu membawa tas kain.

Saat ini banyak orang yang sudah membuat tas kain yang multifungsi, gampang dibawa sebagai pengganti kantong plastik, hanya saja menurut saya harganya masih mahal karena dibuat secara handmade. Semoga pemerintah juga mau mendukung, misalnya membuat pabrik pembuat tas kain murah pengganti kantong plastik. Berikut di bawah ini contohnya.

Tas multiguna pengganti tas kresek

image @ jogjagrosiran.blogspot.com

Cara yang saya terapkan untuk mengurangi sampah plastik adalah menggunakan kembali kantong plastik yang saya dapat dari supermarket sebagai tempat membuang sampah, jadi tidak sengaja membeli kantong plastik baru.

Tapi semua itu mungkin hanya mindset kita aja sih. Kalau kita semua bersama-sama niat dengan kuat, disertai ketegasan pemerintah yang sungguh-sungguh mendukung agar sampah plastik di Indonesia berkurang, Insya Allah Indonesia bisa bebas dari sampah kantong plastik.

You May Also Like..

    Leave a Reply


    *