PayPal dan eBay kejam, bisakah kita lebih kejam?

Banyak sekali kasus penipuan di eBay, belum lagi akun yang susah payah kita buat di Paypal dan sedikit-demi sedikit kita menghasilkan dollar dari Internet direnggut begitu saja.

Kasus yang banyak terjadi adalah jual beli di eBay. Kita menjual barang yang sudah ada peraturan bahwa barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan, apapun alasannya. Lalu sebagai penjual yang jujur, tentu saja barang yang kita jual tidak ada perbedaan antara foto yang kita pajang di eBay maupun barang aslinya.

Tetapi kadang Buyer Protection Paypal membuat celah bagi para penipu untuk mengerjadi kita habis-habisan. Bukan hanya barang kita nggak kembali, uang di paypal hilang yang paling parah akun Paypal diclose secara sepihak karena kita dianggap penipu. Pembeli/buyer penipu memanfaatkan fasilitas open dispute PayPal. Celakanya.. walaupun kita sudah memberikan no tracking pengiriman dari Pos Indonesia, hal itu tidak banyak menyelamatkan kita. Mereka hanya percaya pada jasa pengiriman sekelas DHL, FedEx, UPS dan sejenisnya yang mempunyai fasilitas tracking barang uptodate. Dimana hal itu sangat tidak mungkin bagi kita untuk mengirimkan barang dibawah $50 dengan DHL, FedEx, dll karena tarif pengiriman / shipping cost jauh lebih mahal daripada nilai barang yang kita jual. Apakah pembeli mau membelinya?

Geram? Jengkel? Marah? So pasti.. tapi apakah kita bisa membalasnya? Kalau orang jujur yang takut sama Tuhan pasti akan pasrah dan merelakannya. Tapi bagi orang yang sudah sering kena tipu, saatnya kamu beraksi. How?

Saya punya pengalaman pribadi seputar ini. Yang pasti saya puas sudah membalas mereka. Maaf ya.. curhatnya nggak sampai full.

Kesimpulannya.. balas dendamlah kalau kamu sudah sering merasa disakiti. Balas dendam dengan strategi yang matang dan professional. Balas dendam membutuhkan pengorbanan, dan mungkin orang lain yang tidak bersalah yang terkena akibatnya. Tetapi hal itu lebih baik daripada menjadi orang bodoh dan dungu karena diam saja.

2 Comments on PayPal dan eBay kejam, bisakah kita lebih kejam?

  1. A.Salim
    7 July 2012 at 3:22 PM (2 years ago)

    Perlu belajar dari pengalaman , termasuk dari pengalaman pahit, terima kasih telah berbagi pengalamman.

  2. Feri Muhibudin
    22 February 2013 at 6:48 PM (2 years ago)

    bener gan,, paypal kejam banget.. dengan mudah nya limit dan close akun nasabah nya. gak pernah ngerti sama nasabahnya

Leave a Reply